Sabtu, 01 Oktober 2011

Pengalaman Pertama HSG

Setelah setahun belum jg berhasil have a baby...akhirnya memberanikan diri tuk konsul k dokter n jalanin smua tahapan programnye...awal dtg sih cm ngobrol2 n Transvaginal...pas transvaginal itu kr dokternya liat sel telur matang jd aq n suami dksh obat gt trus dsuruh hubungan d...cuma qta jg dksh rujukan tuk pemeriksaan seandainya nti msh haid,disuruh lsg HSG (Hysterosalpingography)...

Berhubung ternyata msh Haid jg...akhirnya pas hr pertama haid lsg tlp rmh sktnya tuk daftar HSG itu...djelasin d syarat2nya n kpn wktnya...kebetulan aq HSG di Rumah Sakit Hermina Depok,biayanya Rp.750.000...dokter radiologinya perempuan (dokter utami)...kr aq udh sempet tanya sana sini n tanya mbah google...sempat tkt jg kr byk yg blg sktnya minta ampun...tapi alhamdulillah pas dijalanin gk sesakit yg dbayangkan..pas awal proses dokternya jg nyuruh qta rileks dl biar proses lebih mudah n gk terlalu skt..

ini info HSG yg aq dpt hasil nanya mbah Goggle
Apakah sebenarnya pemeriksaan HSG (Hysterosalpingography) itu?
Pemeriksaan HSG merupakan suatu pemeriksaan sinar-x dengan memasukkan zat kontras melalui alat khusus (kateter) ke dalam rongga rahim dan saluran telur melalui vagina kemudian di-foto (rontgen) untuk melihat aliran zat kontras tersebut.
Manfaat dari pemeriksaan HSG (Hysterosalpingography) adalah:
  1. Mendiagnosis ada tidaknya sumbatan dan lokasinya pada salah satu atau kedua saluran telur (Tuba falopii) yang dapat menghambat bertemunya sel sperma dan sel telur.
  2. Untuk melihat bentuk dan struktur rahim
  3. Mendeteksi ketidaknormalan pada rahim misalnya kelainan bentuk rahim, polip, mioma atau jaringan parut yang dapat menyebabkan infertilitas atau keguguran berulang.
Kapan Pemeriksaan HSG (Hysterosalpingography) ini dilakukan?
Pemeriksaan ini dilakukan pada hari ke 9 – 12 setelah hari pertama menstruasi dikarenakan pada rentang waktu tersebut belum terjadi pembuahan atau dilepaskannya sel telur dari indung telur dan juga biasanya pada hari ke 9 haid telah selesai.
Di PARAHITA pemeriksaan HSG dilakukan pada hari ke 10, 11, 12 (aq di Hermina depok hr ke 11)
Siapa yang melakukan pemeriksaan HSG  ini?
Yang melakukan pemeriksaan ini adalah dokter ahli radiologi dengan dibantu petugas radiologi (radographer). Sampaikan kepada dokter bila memiliki alergi terhadap obat-obatan, makanan atau bahan sinar X(kontras).
Apa persiapan pemeriksaan HSG ?
Tidak melakukan hubungan sex 2 hari sebelumnya dan tidak mengalami menstruasi atau perdarahan pervaginam. (aq dsuruh cukur bulu kemaluan jg)
Keluhan yang mungkin timbul setelah dilakukan HSG (Hysterosalpingography) :
  1. Nyeri sedang pada perut yang timbul sampai beberapa jam setelah pemeriksaan.
  2. Bercak darah pada vagina selama beberapa hari.
  3. Reaksi alergi terhadap bahan kontras yang dapat mengakibatkan shock.
Klo aq nyerinya msh tertahan/wajar...agak ngilu aja sih kl gerak2...gk ada bercak darah n alergi jg...ngilunya ilang lusanya....

Setelah dapat hasil HSG, Aq konsul lagi ke dokter tuk bahas hasil HSG...hasil HSGnya sih bersih cuma karena pas mau proses HSG dokter radiologinya (dokter Utami) blg kl ada polip dimulut rahim jadi itu aq tanyain ke dokter kandunganku (dokter Novi)...ternyata emang ada polipnya soo djadwalin tuk operasi tgl 13 oktober ini...mhm...jujur lebih cepat lebih baik d kr menurut dokternya polip ini agak menghalangi sperma yg masuk jadi gk bisa nampung sejumlah sperma...operasi polip ini termasuk operasi ringan cm one day care jadi 2-4 jam kondisi qta stabil maka qta boleh plg...berhubung aq djamin kantor kl rawat inap soo minta drawat aja plus itu jadwal operasinya dapatnya tgl 13 jam 04.00...mhm...kebayang d itu dokter masih ngantuk gk ya?scara pasti pasiennya aja msh stengah watt...msh enak bobo...hehehehe...berdasarkan pengalaman HSG yg ternyata gk skt kl qta rileks..soo operasi ini pun aq udh prepare sepasrah mungkin, apalg kata saudara yg dktr, proses pemulihan cpt ataw lama tergantung kondisi qta..kr aq pengen proses pemulihannya cpt jd coba rileks aja d.. ;-)

Akhirnya tgl 13 oktober 2011 operasi tuk ambil polipnya plus dikuret tuk pembersihan dinding rahimnya...sempet panik kr pas tgl 12nya baru dpt kabar kl dokter novinya gk bs operasi dan dganti dokter lain...setelah tanya sana sini akhirnya dapet dokter nelwati, orangnya baik jg dan komunikatif...sebelum dan setelah operasi dtg dl tuk nemuin dan bahas2...operasinya sendiri cepat...setelah keluar kamar operasi dsuruh istirahat dulu diruang pulih,gk lama langsung boleh makan kok...perut jg gk terlalu skt slain mules n ngilu...cm emang sih jng byk jln dl..kmrn sempet dipake jln agak jauh eeehhh kram lg d...stelah ini msh hrs liat hasil lg k dokter novi....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar